Habib Luthfi: Baca juga Semua Manaqib Imam Thariqah

Hal itu disampaikan dalam suatu kesempatan, ketika perwakilan pengurus MATAN Cirebon bersilaturrahim ke kediaman Habib Luthfi di Pekalongan.

"Jangan hanya Manaqib Syeikh Abdul Qadir yang dibaca. Semua Imam Thariqah. Misal bulan ini membaca manaqib Syeikh Abdul Qodir, bulan depan Syeikh Abul Hasan Asy Syadzili, lalu Syeikh Bahauddin An Naqsybandiy, dan seterusnya, sehingga semua Thariqah merasa terwadahi, tidak dianggap satu thariqah saja", papar Rais 'Aam Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdhiyyah (JATMAN).

Habib Luthfi juga menasehati pengurus MATAN Cirebon agar kuat menghadapi segala macam cobaan dan fitnah dalam mengurusi MATAN.

"Tidak ada tokoh besar, wali besar yang hidupnya enak. Semua penuh fitnah. Abah Umar Panguragan sampai sudah wafat pun fitnahnya masih terus ada", jelas Beliau.

Di akhir pertemuan, Habib Luthfi memberi ijazah dan izin kepada semua pengurus MATAN Cirebon yang hadir untuk membaca manaqib semua Imam Thariqah dan Auliya'.

"Adanya ijazah manaqib itu, karena dalam manaqib ada kalimat-kalimat atau istilah khas tasawwuf yang harus ditakwil, sehingga perlu bimbingan Guru untuk memahaminya", pungkas beliau.

Sember: Oon

Jangan hanya manaqib Syeikh Abdul Qadir yang dibaca. Semua Imam Thariqah. Misal bulan ini membaca manaqib Syeikh Abdul Qodir, bulan depan Syeikh Abul Hasan Asy Syadzili, lalu Syeikh Bahauddin An Naqsynandiy, dan seterusnya.