Khatm al Quran dan Pembacaan Ratib Kubra di Makam Habib Hasyim

Pekalongan - Salah satu agenda pembukaan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW Kanzus Sholawat Pekalongan ialah pembacaan Ratib Kubra dan khatm al Quran di Makam Habib Hasyim bin Umar bin Yahya yang terletak di pemakaman Sapuro Kota Pekalongan.

Ratib Kubra merupakan kumpulan doa dan shalawat yang disusun oleh Habib Toha bin Hasan bin Yahya Ciledug dan disempurnakan oleh Habib Luthfi bin Ali bin Yahya. Ratib Kubra ini diamalkan oleh banyak jama’ah Kanzus Sholawat dan pesantren yang berafiliasi ke Habib Luthfi bin Yahya. Bahkan beberapa komunitas lokal Ratib Kubra membentuk Jam’iyyah Ratib Kubra. Jam’iyyah Ratib Kubra ini lah yang menjadi panitia dalam pembacaan Ratib Kubra danKhatm al Quran di makam Habib Hasyim.

Untuk Maulid tahun ini, kegiatan pembacaan Ratib Kubra dan khatm al Qurandilaksanakan di dua hari yang berbeda. Pembacaan Ratib Kubra akan dilaksanakan pada hari Jumat (15/1) setelah shalat Maghrib, sedangkan khatm al Quran akan dilaksanakan pada hari Sabtu (16/1) yang dimulai ba’da shalat Maghrib awal.

Kegiatan pembacaan Ratib Kubra dan Khatm al Quran ini terbuka untuk umum. Sehingga siapapun diperbolehkan, bahkan dianjurkan, untuk ikut serta dalam dua kegiatan tersebut. Demikian sebagaimana disampaikan oleh Panitia.

Salah satu agenda pembukaan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW Kanzus Sholawat Pekalongan ialah pembacaan Ratib Kubra dan khatm al Quran di Makam Habib Hasyim bin Umar bin Yahya yang terletak di pemakaman Sapuro Kota Pekalongan.