MATAN Cirebon Ikut Berpatisipasi dalam Rangkaian Maulid 2016 Kanzus Sholawat Pekalongan

Cirebon - Puncak haul Habib Toha bin Hasan bin Yahya dilaksanakan pada Ahad siang (3/1) di makam Habib Toha desa Jatiseeng Kidul Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon, setelah dibuka pada Sabtu (2/1) pukul 16.00 WIB oleh KH. Muhammad Masroni dan ditutup juga oleh beliau pada Ahad siang.

Dalam sambutan penutupannya, Pengasuh PP. Sunan Gunung Jati Ba’alawi Semarang itu menuturkan bahwa maulid dan haul Habib Toha Ciledug merupakan pembukaan kegiatan rangkaian maulid Nabi Muhammad SAW Kanzus Sholawat Pekalongan.

Setelah pembacaan Maulid Simthudduror dan pembacaan Tahlil yang dipimpin oleh KH. Masroni, acara puncak Haul Habib Toha Ciledug diisi taushiyah oleh Habib Salim bin Muhammad Sholehuddin bin Salim bin Jindan dari Jakarta.

Habib Salim menyampaikan dalam taushiyahnya bahwa semua malaikat, tanah nusantara, surga, para Nabi dan Rasul, dan mukjizat para Nabi dan Rasul itu ada berkat Rasulullah SAW.

“Dalam Hadits Qudsi Allah berfirman, “Kalau bukan karenamu, kalau bukan karenamu, kalau bukan karenamu Muhammad, Aku (Allah) tidak menciptakan alam”, semua diciptakan dari Nur Nabi Muhammad SAW dan karena Nabi Muhammad SAW”, demikian sebagaimana diuraikan oleh Habib Salim.

Habib Salim juga menuturkan, “Beruntunglah di sini ada makam Habib Toha bin Hasan, karena berkat Habib Toha bala’ tidak diturunkan di tempat ini, karena hanya waliyullah yang bisa membuka pancaran sirr dan nur Nabi Muhammad SAW. Pegang teguhlah ajaran Habib Toha dan penerus Habib Toha sekarang ini yaitu Habib Luthfi. Karena Habib Toha punya hak memohon syafaat pada Rasulullah dan pada Sayyidah Fathimah Az Zahra’”.

“Merugilah orang yang tidak berthariqah, merugilah orang yang jauh dari Auliya’, terutama merugi saat di alam barzakh, karena tidak ada yang menolongnya. Terakhir, kalau melihat dua ulama berbeda pendapat, adabnya adalah kita tidak ikut, kita diam. Perbedaan di antara Ulama sudah ada sejak dulu. Kalau kita ikut-ikut, itu sama saja kita menjauh dari ajaran Rasulullah”, pungkas Habib Salim.

Acara haul Habib Toha Ciledug merupakan acara yang dilaksanakan setiap tahun di bulan Rabiul Awwal dengan acara khatmil Quran yang melibatkan ratusan pembaca Al Quran, baik itu penghafal Al Quran maupun bukan, dan dalam haul dua tahun terakhir MATAN Cirebon berkesempatan berpartisipasi dalam khatmil Quran dan penutupan haul. (Oon)

Dalam sambutan penutupannya, Pengasuh PP. Sunan Gunung Jati Ba’alawi Semarang itu menuturkan bahwa maulid dan haul Habib Toha Ciledug merupakan pembukaan kegiatan rangkaian maulid Nabi Muhammad SAW Kanzus Sholawat Pekalongan.