PP. Al Fatih dan MATAN Cirebon Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Cirebon - Siang tadi (29/12) hujan membasahi kota Cirebon. Namun tidak menyurutkan ratusan manusia, tua maupun muda, pria maupun wanita, untuk memadati halaman PP. Al Fatih Kayuwalang untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh PP. Al Fatih bekerja sama dengan MATAN Cirebon dan Ikhwan Tijaniyyah Cirebon.

Acara dibuka dengan pembacaan Maulid Simthudduror karya al Imam al Habib Ali Al Habsyi yang dipimpin oleh Ustadz Ibnu Ubaidillah dari Losari Cirebon dengan diiringi alunan merdu rebana dari Jamiyyah Shalawat Nurul Musthafa Losari.

Setelah Mahallul Qiyam yang dipimpin oleh Habib Masholeh bin Yahya, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang juga dipimpin oleh Ustadz Ibnu Ubaidillah.

Dalam acara Maulid Nabi kesempatan kali ini, taushiyyah disampaikan oleh Habib Masholeh dan Syaikh Sholeh Basalamah.

Dalam taushiyahnya, Habib Masholeh menyampaikan bahwa inti peringatan Maulid Nabi adalah untuk lebih mengenal Nabi Muhammad SAW sehingga bisa meniru apa yang menjadi akhlak Nabi Muhammad SAW.

“Kalau ibu-ibu ingin diakui sebagai umat Nabi Muhammad dan mendapat syafa’at Nabi Muhammad di akhirat, ibu-ibu harus meniru akhlak Siti Khadijah, terutama kepada suami ibu-ibu”, tambah Habib Masholeh.

Sementara Syaikh Sholeh Basalamah dalam taushiyahnya menerangkan bahwa diantara bentuk wujud kecintaan terhadap Nabi Muhammad dan buah dari peringatan Maulid Nabi adalah dengan melaksanakan shalat lima waktu secara berjama’ah.

“Kunci dari mengikuti Nabi Muhammad dan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad adalah dengan mengamalkan tiga hal, yaitu: pertama, cinta kepada Nabi Muhammad sehingga menjalankan perintah dan sunnah; kedua, akhlak yang baik; ketiga, ikhlas dalam beribadah dan melayani umat”, imbuh Syaikh Sholeh Basalamah.

Acara berakhir setelah ditutup dengan pembacaan doa oleh Syaikh Sholeh Basalamah setelah sebelum doa Syaikh Sholeh mengijazahkan doa kepada semua yang hadir. (Oon)

Selasa siang (29/12) hujan membasahi kota Cirebon. Namun tidak menyurutkan ratusan manusia, tua maupun muda, pria maupun wanita, untuk memadati halaman PP. Al Fatih Kayuwalang untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh PP. Al Fatih bekerjasama dengan MATAN Cirebon dan Ikhwan Tijaniyyah Cirebon.